Selasa, 29 Januari 2008

Honor ......

Honorku ???

Sebelumnya, saya perkenalkan Posma Siahaan.Isterinya juga boru Tompul seperti isteriku. Bahkan menurut adat Batak, isterinya itu lebih tepat untuk menjadi isteriku, karena garis keturunannya masih Paribanku ( Sitompul Siringkiron ). Di samping sebagai Karyawan di Galangan Kapal ( tahun 2005 dia ambil pensiun dini ) dia juga seorang "pengamen"-entertainment Batak- paling digemari di lingkungan Batak Jawa Timur .

September 2004, dia dapat order untuk tampil di acara "Semalam di Tanah Batak" yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara - IMSU - di Malang. Sebagai bintang tamu di acara itu Victor Hutabarat Jakarta.2 minggu sebelum hari yang ditentukan, Panitia masih bingung.Hotel Kartika Chandra Malang sudah dikontrak, down payment utk Victor sudah ditransfer ...., tapi sumber pemasukan yang diharapkan belum menunjukkan tanda-tanda yang signifikan.

Saya agak terkejut menerima telepon dari salah seorang Panitia : " Amang ( panggilan hormat kepada seorang Bapak - Batak ), kami dapat referensi dari Posma Siahaan untuk melibatkan Amang dalam acara kami ...........
"OK, saya belum bisa menjanjikan banyak, tapi besok saya ke Malang kita buat pertemuan. Tolong Panitia yang bisa ambil keputusan ikut hadir, jawabku seolah-olah saya seorang profesional.

Dalam pertemuan yang saya janjikan, benar-benar saya seperti seorang konsultan; dan herannya, mereka setuju dengan saran dan instruksi saya. Pertanyaan mereka tentang honor yang akan mereka anggarkan untukku, saya tidak ladeni. Memang niat saya untuk membantu kesulitan Panitia koq.
Malam itu saya langsung pulang ke Surabaya, dan Panitia menyelipkan amplop di saku jasku ...., isinya ? Lumayan , Rp. 400 rb.

Cerita dipersingkat lagi.Acara berjalan di luar dugaan Panitia.Penonton histeris menyambut Victor Hutabarat ( saya rasakan dari ungkapan kepuasan beliau ketika menyalamiku seusai acara )
Panita yang tadinya menargetkan pemasukan saat acara berlangsung sebesar Rp. 7,5 jt, ternyata berhasil hingga Rp. 16,8 jt.

Triknya .... ?????? Ssst, jangan cerita kepada Panitia ya, " Tuhan yang jadi penolongku
"Aku ??? disamping dapat tambahan 600 rb , dapat ciuman lagi dari beberapa Panitia cewek .... padahal saat itu ada isteriku lho.

Saatnya kita panen/ memetik hikmah :

1. Jadilah seperti Posma Siahaan yang berani mereferensi kemampuan teman.
Nggak sulit sebenarnya memberitahu kebaikan atau kebolehan teman kepada orang lain?

2. Jangan beri solusi pengeluaran, tapi berilah semangat untuk menghasilkan.

Tidak ada komentar: